Loading...

Berkembangnya Merk Lokal Vietnam di Era Pandemi

Pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Vietnam. Meskipun menjadi negara yang juga yang terkena dampak dari Covid-19, Vietnam berhasil merespon semua dampak yang ditimbulkan dengan baik sehingga dampak yang diakibatkan oleh Covid-19 tidak semakin membesar. Tercatat dulu Vetnam menjadi salah satu negara dengan lockdown paling ketat di Asia dan hasilnya Vietnam menjadi negara pertama di dunia yang penambahan jumlah kasusnya menjadi nol atau tidak ada sama sekali.

Tidak hanya berhasil mencegah penambahan jumlah pasien positif Covid-19, Vietnam saat ini juga berhasil mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh Covid-19. Ketika produk-produk multinasional mengurangi dana untuk mengiklankan produknya, para produsen produk di Vietnam memanfaatkan peluang ini dengan sangat baik. Beberapa produsen Vietnam tidak mengiklankan produk mereka, melainkan berusaha untuk meningkatkan simpati masyarakat Vietnam atas produk mereka.

Sebagai contoh, salah satu produsen produk olahan susu terbesar di Vietnam yaitu Vinamilk mengimbangi inovasi produknya dengan strategi menarik simpati dari masyarakat. Selain meluncurkan 19 produk baru pada tahun 2019 dan 10 produk baru pada tahun 2020, Vinamilk juga memberikan bantuan dana sebesar USD 1,7 juta untuk keperluan membeli peralatan medis dan juga Vinamilk berinvestasi untuk membantu program-program sekolah.

Kemudian Vietnam Airlines juga menarik simpati masyarakat dengan memulangkan warga negara Vietnam secara gratis, termasuk masyarakat yang rentas seperti lansia dan disabilitas selama masa pandemi. Teknik yang dilakukan oleh kedua perusahaan ini telah berhasil memberikan dampak positif kepada mereka. Vinamilk dan Vingroup berhasil menggeser dominasi Samsung selama ini sebagai Local Top Brands di Vietnam pada tahun 2020 dan Vietnam Airlines berhasil masuk ke dalam 10 besar merk top local Vietnam untuk pertama kalinya.

Selain teknik menarik simpati, inovasi yang dilakukan oleh perusahaan local Vietnam juga menjadi factor kunci bagaimana produsen lokal di sana malah berhasil meningkatkan revenuenya di masa pandemi. Selain itu rasa bangga masyarakat Vietnam dalam menggunakan produk dalam negeri mereka juga menjadi salah satu factor penentu atas keberhasilan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Newsletter Kami !

Dapatkan Artikel Penting dan Wawasan:.

Loading