Loading...

Generasi Muda dan Transformasi Digital

Di kala pandemi, Indonesia patut berbangga karena Banoo, Startup inovasi teknologi perikanan berbasis IoT dari pemuda Indonesia menjadi juara 1 dalam Thought for Food Challenge, menyisihkan 5200 kompetitor dari 175 negara (Global Diaspora News, 2020). Marketplace TaniHub turut berkontribusi menghubungkan 35 ribu petani dengan lima ribu pelanggan dari UKM, hotel, restoran dan katering, sehingga meningkatkan pendapatan petani hingga 20-25% pada masa pandemi (Katadata, 2020).

Pandemi COVID-19 turut mempercepat digitalisasi UMKM. Riset “Data Digitalisasi Selamatkan UMKM Indonesia” menunjukan 70% pelaku usaha akan memanfaatkan e-commerce dan media sosial untuk terus berjualan maupun berbelanja (Marketeers, 2020).  Melalui program Pahlawan Digital UMKM 2020 yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Putri Tanjung, terpilih 20 inovator muda yang membantu digitalisasi UMKM dari marketplace, pelatihan dan pemberdayaan, penyedia jasa manajemen keuangan, sampai jasa perangkat lunak (Bisnis.com, 2020).

Peran dan dukungan dari pemerintah tentu dibutuhkan agar transformasi digital dapat berjalan lebih maksimal. Pertama, transformasi digital harus ditopang dengan kehadiran infrastruktur digital. Menyadari hal tersebut, pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur digital yang meliputi perluasan jaringan 4G, pengoperasian satelit multifungsi satria, pembangunan data center pemerintah, dan pengembangan 5G (Kemenko Ekonomi, 2020).

Kedua, generasi muda harus mendapat dukungan agar menjadi generasi tech savvy. Talenta tech savvy bukan hanya mengoperasikan teknologi, tetapi juga talenta yang menciptakan dan bekerjasama dengan teknologi. Program Pelatihan Pemuda Transformasi Digital yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia merupakan inisiatif yang sangat baik, sebagai komitmen dari perwujudan transformasi digital di Indonesia. Sebagai tambahan, pemerintah perlu melibatkan institusi pendidikan non-formal dari generasi muda sebagai smart shortcut untuk mewujudkan generasi tech savvy. Contohnya Pacmann.ai, startup yang mengadakan nano-degree program untuk menjadi junior data scientist dan business inteliigence (Pacmann.ai, 2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Newsletter Kami !

Dapatkan Artikel Penting dan Wawasan:.

Loading