Loading...

Japanese Vending Machine: Teknologi Sederhana Pemasaran Produk

Jepang terkenal sebagai negara yang sibuk dengan pace kerja penduduk yang sangat cepat. Karena kecepatan hidup penduduk yang tinggi tersebut Jepang bertransformasi menjadi negara serba automasi. Hampir semua aspek kehidupan di Jepang dibantu oleh mesin yang berfungsi secara otomatis. Sektor lalu lintas, keuangan, bahkan automasi juga digunakan untuk pemasaran produk di Jepang dengan menggunakan mesin penjual otomatis atau yang lebih dikenal dengan sebutan vending machine.

Industri vending machine di Jepang adalah industri yang sangat besar. Pada Tahun 2018, tercatat terdapat 4,8 juta vending machine yang beroperasi di Jepang, jumlah ini sedikit lebih rendah daripada jumlah pada tahun 2010 yang mencapai lebih dari 5 juta mesin. Jumlah mesin ini merupakan jumlah yang paling tinggi di seluruh dunia. Vending machine tidak hanya terletak di kota-kota besar atau di pusat keramaian saja tapi vending machine juga bisa ditemukan di pinggiran kota, di pedesaan dan di tempat-tempat yang sebenarnya tidak terlalu ramai dilewati orang. Untuk setiap 23 orang Jepang, terdapat 1 vending machine.

Produk yang paling banyak dijual adalah minuman, tercatat 2,4 juta lebih mesin menjual minuman, diikuti dengan mesin penyedia layanan seperti tempat penyimpanan dengan jumlah mendekati 1,3 juta, kemudian penjual kebutuhan sehari-hari sebanyak 230 ribu mesin, mesin penjual rokok 153 ribu, mesin penjual makanan berbagai jenis sebanyak 72 ribu mesin dan mesin penjual tiket sebanyak 58 ribu mesin.

Pemanfaatan vending machine ini sangat efektif karena bisa beroperasi selama 24 jam dan tidak membutuhkan karyawan untuk melayani pembeli. vending machine bisa menjadi alternatif untuk penjualan produk di masa pandemic yang mengharuskan setiap orang meminimalisir kontak dan menjaga jarak.

Pelaku usaha di Indonesia bisa menggunakan vending machine dengan lebih masif untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Meskipun di Indonesia sudah mulai ada vending machine, tapi jumlahnya belum terlalu masif. Indonesia dengan jumlah penduduk yang lebih dari 250 juta jiwa hanya sejauh ini baru memiliki 4 ribu unit vending machine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Newsletter Kami !

Dapatkan Artikel Penting dan Wawasan:.

Loading