Loading...

Kencangkan Sabuk Pengaman: Menjadi Pemenang di Sektor Otomotif

Industri otomotif, menjadi salah satu industri yang terus berkembang dari tahun ke tahun di Indonesia. Selain dari jumlah ekspor yang terus meningkat setiap tahunnya, adanya wacana untuk memproduksi mobil nasional menjadi indikator bahwa industri ini memegan peranan penting dalam neraca perdagangan Indonesia.

Saat ini Industri otomotif Indonesia memang masih kalah jauh dari Jepang, Jerman, dan Inggris. Untuk bisa memenangkan persaingan ini, dibutuhkan beberapa kunci dasar yang akan membedakan produk otomotif Indonesia dari negara lain. Menurut CEBOS, ada 5 poin yang membuat produk otomotif kita berbeda dari negara lain, poin ini diambil dari 10 produsen mobil terbaik di dunia:

  • Fokus pada user experience

Dari 10 juta opsi konfigurasi khusus Mini Cooper hingga penanganan sporty Mazda Miata yang meyakinkan pengemudi bahwa mereka benar-benar dapat merasakannya, semua dari 10 mobil teratas sangat peka terhadap pengalaman pengguna. Produsen yang mengarahkan fokus mereka pada konsumen sebagai prioritas utama, daripada berusaha mengurangi biaya, mempercepat produksi, atau menghasilkan beberapa teknologi terkemuka industri, menemukan pelanggan yang loyal lebih cepat dan terus melihat penjualan hari ini. Masing-masing kendaraan luar biasa ini dirancang dengan mempertimbangkan pelanggan, tidak peduli orang seperti apa yang mungkin akan berada di belakang kemudi.

  • Konsumennya sangat Spesifik

Alih-alih mencoba menyenangkan semua orang, produsen mobil ini memiliki gagasan yang jelas tentang tipe orang yang tepat berada di belakang kemudi, dan mereka menyesuaikan pengalaman hanya untuk audiens itu. Sebagai contoh, Nissan Altima adalah mobil yang dicintai oleh orang tua di mana-mana karena kombinasi ruang penumpang, kapasitas penyimpanan, dan fitur keselamatan yang dapat diandalkan, sementara Ford F-150 telah memiliki basis penggemar setia selama bertahun-tahun untuk daya tahan, kemampuan penarik, dan interior yang dapat menangani penumpang atau kargo sama. Dengan berfokus pada demografis yang lebih kecil dan lebih spesifik, produsen mobil dapat memperoleh angka penjualan yang lebih baik. Mereka memasarkan semua orang tetapi kepada orang yang tepat.

  • Melakukan tes dalam waktu yang lama

Ketahanan adalah kuncinya. Tidak hanya secara mekanis, model yang menang bertahan secara fisik, berjalan lebih baik dan lebih lama, dan ide mereka bertahan juga. Pikirkan pengetahuan di sekitar Ford Mustang Cobra dan Chevy Camaro. Bahkan Toyota Prius tetap populer lama setelah titik penjualan awal, efisiensi bahan bakar menjadi sangat tidak relevan, berkat perubahan pasar. Artinya, sebenarnya, mobil-mobil hebat memiliki daya tarik jangka panjang. Mereka tidak bergantung pada mode atau pemasaran pintar untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas. Alih-alih, kendaraan ini dibuat tahan lama, baik di jalan maupun di jantung konsumen.

  • Dapat diandalkan

Lihatlah ulasan untuk semua 10 pemenang otomotif teratas dan Anda akan selalu melihat dua kata ini: keandalan dan kualitas. Keduanya terhubung secara permanen. Keandalan adalah produk yang memiliki kualitas yang konsisten dan sangat vital untuk segala jenis kesuksesan. Kinerja semua kendaraan teratas dapat diprediksi dan yang akhirnya membangun rasa integritas ke dalam merek ketika konsumen menyadari bahwa mereka dapat mempercayai mobil-mobil itu. Bagaimanapun, Ford Crown Victoria diadopsi oleh pasukan polisi untuk alasan yang tepat.

  • Tidak hanya sebatas mobil, tapi merupakan perwujudan ide

Seperti disebutkan sebelumnya, Prius telah mempertahankan popularitasnya lama setelah efisiensi bahan bakar telah menjadi standar industri. Bagian dari kesuksesan itu datang dari cita-cita yang dipersonifikasikan Prius: kesadaran lingkungan. Hal yang sama dapat dikatakan untuk Honda CR-V, yang mewujudkan petualangan dengan sisi kepraktisan, Tesla Model S, yang menarik bagi mereka yang menyukai bagaimana teknologi bisa menjadi seksi, dan Mustang Cobra, yang duduk di puncak otot budaya mobil. Bagian dari ini adalah pemasaran tetapi tidak satupun dari pabrikan-pabrikan ini dapat mencapai cita-cita ini tanpa memahami 5 karakteristik yang tercantum di sini. Mereka harus memberikan pengalaman hebat kepada pengguna yang tepat, andal dan konsisten untuk bertahan dalam ujian waktu dan mewujudkan cita-cita yang tepat.

Mungkin memang akan butuh waktu lama untuk Indonesia bisa mengalahkan Jerman dan Jepang, tapi kita harus memulai dari satu titik bukan? Sekarang industri otomotif Indonesia bisa memulai dengan merubah cara pikirnya seperti lima poin di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Newsletter Kami !

Dapatkan Artikel Penting dan Wawasan:.