Loading...

Belajar Dari Sandbox Policy milik Sierra Leone

Sierra Leone mungkin bukan tempat yang mainstream untuk menemukan eksperimen teknologi keuangan. Negara yang baru pulih dari wabah Ebola pada tahun 2014 dan perang saudara selama satu decade. Salah satu negara Afrika Barat yang memiliki tingkat inklusi keuangan terendah di dunia. Menurut Global Findex 2017, kurang dari 20 persen orang dewasa memiliki akun keuangan. Namun pada bulan Mei 2018 Bank of Sierra Leone (BSL) meluncurkan sandbox pertama mereka di bidang keuangan

Dengan empat perusahaan yang siap memulai pengujian dalam program percontohan, pekerjaan sesungguhnya sekarang dimulai. Dalam minggu-minggu mendatang, komite sandbox BSL akan bekerja dengan untuk memperbaiki rencana pengujian, mengartikulasikan metrik kinerja dan mengidentifikasi sumber daya tambahan yang diperlukan untuk mengawasi peserta secara memadai.

Peserta akan bekerja dengan tim sandbox untuk menguji dan mengevaluasi aspek regulasi dari masing-masing teknologi dan model bisnis mereka. Program percontohan ini terkait erat dengan upaya Sierra Leone yang sedang berlangsung untuk mempromosikan inovasi keuangan mereka dengan tujuan memperkuat ekonomi dalam negeri.

Langkah Sierra Leone untuk menyiapkan sandbox peraturan telah diukur dan dipertimbangkan. Sejak awal, BSL berkomitmen untuk menggunakan sandbox sebagai alat pembelajaran untuk menginformasikan pendekatan inovatif untuk inklusi keuangan. Bank telah mencurahkan sumber daya yang signifikan dan berdedikasi untuk memastikan program percontohan dikelola dengan baik, peserta diawasi dengan tepat dan risiko yang muncul diantisipasi dan dikelola.

Hampir dua tahun berlangsung, saat ini Sierra Leone sudah mulai merasakan hasil dari sandbox ini, yaitu kebijakan keuangan yang diambil jauh lebih efektif daripada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu semakin banyak perusahaan yang tertarik untuk berpartisipasi dengan sandbox ini.

Keberhasilan sandbox di Sierra Leone ini berjalan dengan efektif karena beberapa faktor kunci, diantaranya:

  • Sandbox selaras dengan strategi keuangan.

Sierra Leone mengikuti jejak Bank Negara Malaysia yang telah mengaitkan program sandbox dengan strategi keuangan nasional. Program percontohan ini secara jelas terkait dengan Strategi Inklusi Keuangan Nasional Sierra Leone 2017 – 2020. BSL merancang sandbox sebagai lingkungan peraturan khusus untuk memfasilitasi model bisnis baru yang memiliki potensi jelas untuk menguntungkan konsumen Sierra Leone dan memajukan strategi inklusi keuangannya.

  • Koordinasi dengan inisiatif pembangunan ekosistem.

Sebagai program pengaturan sukarela, sandbox membutuhkan minat dan partisipasi dari pelaku pasar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menilai lanskap keuangan lokal sebelum meluncurkan inisiatif sandbox, karena tingkat permintaan akan berdampak pada desain kerangka sandbox. Di Sierra Leone, BSL meningkatkan wawasan dari FinTech Challenge dan keterlibatan dengan Sierra Leone FinTech Association untuk mengkonfirmasi permintaan pasar untuk sandbox dan untuk menyesuaikan kerangka kerja untuk memenuhi permintaan itu.

  • Tim lintas fungsional yang berdedikasi

Sandbox milik BSL saat pertama dibentuk memiliki staff yang berasal dari Inggris dan Singapura yang sudah sangat berpengalaman. Ini sangat membantu bagi staff lokal yang belum terlalu berpengalaman. Mengingat keterbatasan lingkungan negara yang rapuh, BSL telah membuat komitmen yang luar biasa dengan membuat tim khusus yang terdiri dari staff asing dan sumber daya internal untuk program percontohan dimana tim ini memiliki tanggung jawab utama untuk semua kegiatan yang berhubungan dengan sandbox.

  • Teori matahari terbenam

 Program percontohan Sierra Leone membutuhkan peninjauan dan otorisasi ulang setelah masa percobaan satu tahun awal. Jika program ini gagal, maka akan dimusnahkan dan diganti dengan yang baru, bukannya diberi kesempatan di tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Newsletter Kami !

Dapatkan Artikel Penting dan Wawasan:.

Loading