Loading...

Public-Private Partnership Singapura: Partisipasi Multi-stalekeholder dalam Pengembangan Digital Talent

Salah satu strategi tumbuh dan berkembangnya bisnis baru dan inovasi di berbagai sektor di Singapura adalah public-private partnership. Kolaborasi ini terdiri dari universitas, pemerintah, dan industri yang mulai berkembang sejak 2009 ketika pemerintah membentuk Research, Innovation and Enterprise (RIE) yang mendorong public-private R&D. Berikut adalah beberapa inisiatif public-private partnership yang telah diselenggarakan (Pradhananga, 2020):

  1. Technopreneurship21

Merupakan kegiatan kolaborasi National Science and Technology Board (NSTB) dengan pemerintah, pihak swasta, dan Lembaga pendidikan untuk menumbuhkan high-tech enterprises. Program ini dimulai sejak 1999 dan berlanjut hingga 2005. Selanjutnya program ini diarahkan untuk mendukung start-up teknologi dan entrepreneurship secara umum. Program ini sangat menarik karena memberikan dukungan berupa skema investasi dan insentif.

  • Growing Entreprises with Technology Upgrade (Get-up)

Program ini dikembangkan sejak 2003 dengan melibatkan berbagai lembaga seperti ASTAR, EDP, Spring Singapore, dan International Enterprises (IE) Singapore. Bentuk dari kegiatan ini adalah pendampingan teknis dan upgrading teknologi untuk UKM di Singapura. Terdapat peneliti, scientist, dan teknisi berpengalaman dari Public Research Institutes, Centers and Consortia (PRICs) yang mendampingi UKM tersebut selama 2 tahun untuk meningkatkan kapasitas teknologi dan menghasilkan keuntungan ekonomi secara signifikan. Hingga 2011, terdapat 296 peneliti dan teknisi yang membantu sekitar 183 UKM di Singapura.

  • Corporate Laboratory Initiatives

Pada 2004 Agency for Science, Technology and Research (ASTAR) melaunching program corporate laboratories Singapura yang bertujuan membantu infrastruktur R&D perusahaan. Laboratorium ini disediakan di lembaga penelitian publik dan berhasil mendapat dukungan dan kolaborasi dari pihak swasta. Terdapat perusahaan multi nasional yang berkolaborasi dengan PRICs untuk membangun laboratorum ini. Universitas di Singapura pun ikut serta mendukung aktivitas ini. Hingga 2017, terdapat sembilan laboratorium yang telah tersedia dengan berbagai kajian seperti lingkungan, teknik, manufaktur, dan elektronik.

  • National Innovation Challenge (NIC)

Program ini adalah program nasional untuk memperkuat R&D multi-disiplin dan pengembangan teknologi di Singapura. Program ini didanai oleh multi-agency baik pemerintah maupun swasta. 

  • Thematic R&D Programs

Terdapat banyak program pengembangan R&D dengan tema-tema spesifik dan didukung oleh public-private agency. Seperti national Cybersecurity R&D program (NCR), Marine Science R&D Program (MSRDP), Artificial Intelligence R&D Program (AI.SG) yang bertujuan untuk mengembangan penelitian dan inovasi teknologi di sektor-sektor tersebut. Berbagai program ini merupakan joint program dari lembaga pemerintah seperti National Security Coordination Centre, Cyber Security Agency, Ministry of Defense, Ministry of Home Affair, Communications Development Authority of Singapore, dan NUS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Newsletter Kami !

Dapatkan Artikel Penting dan Wawasan:.

Loading