Loading...

Siapa Kami

Siapa Kami

Forbil Institute adalah lembaga riset yang menghubungkan sektor bisnis dan pemerintah serta mengadvokasi correct policy untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

Visi Kami

Membantu dalam merumuskan correct policy making dan implementasinya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju, lebih makmur, dan lebih berkeadilan.

Kegiatan Kami

Kegiatan utama kami meliputi riset kebijakan, kampanye kebijakan, dan advokasi kebijakan.

FORUM BULAKSUMUR UNTUK INDONESIA LEBIH

Tantangan terbesar Indonesia untuk menjadi negara yang memiliki daya saing tinggi di tingkat global adalah menyelesaikan problem diskoneksi antara pemerintah sebagai pengambil kebijakan dan bisnis sebagai pelaku utama untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Kebijakan yang diambil oleh pemerintah tidak selalu membantu bisnis dalam memenangkan persaingan di arena global. Diskoneksi itu hanya bisa diatasi dengan cara membangun jembatan antara bisnis dan pemerintah untuk menciptakan correct policy:

  • Bagaimana correct policy bisa membantu sektor-sektor unggulan Indonesia seperti sawit, telekomunikasi, dan udang untuk menjadi perusahaan raksasa global?
  • Bagaimana correct policy bisa menciptakan kepastian hukum dan efisiensi ekonomi, sehingga dunia usaha bisa berkembang optimal di Indonesia?
  • Bagaimana correct policy bisa menciptakan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah serta kerja sama antara berbagai kementerian, agar konflik kebijakan tidak merugikan bisnis?
  • Bagaimana correct policy bisa menjamin semua rancangan kebijakan bisa diimplementasikan dengan baik?

Forbil Institute yang awalnya diinisiasi oleh sejumlah akademisi dari Universitas Gadjah Mada dan kemudian mendapat dukungan dari berbagai pihak, adalah lembaga yang bertujuan untuk memberi advokasi kebijakan untuk menciptakan correct policy seperti yang dimaksud di atas.

Berlangganan Newsletter Kami !

Dapatkan Artikel Penting dan Wawasan:.