Peran Pentahelix dalam Mengembangkan UMKM Indonesia
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu penopang perekonomian negara Indonesia. Berkembangnya UMKM memberikan efek yang positif terhadap pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia yaitu dapat memperluas lapangan pekerjaan, berperan dalam proses pemerataan, peningkatan pendapatan masyarakat dan juga mendorong pendapatan nasional. Untuk itu, UMKM kini menjadi perhatian pemerintah karena potensinya yang cukup besar.
Dengan potensinya tersebut, sayangnya belum semua UMKM memiliki kemampuan bertahan. Ada beberapa alasan mengapa UMKM sulit berkembang. Pertama, UMKM kesulitan mengakses permodalan. Kedua, pencatatan cashflowkeuangan yang kurang baik. Ketiga, adopsi UMKM terhadap teknologi masih rendah. Dan keempat, kurangnya inkubasi dan pendampingan dari pemerintah dan pihak-pihak terkait.
Hal ini menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pihak-pihak terkait dalam meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dan kelas UMKM. Ada beberapa actor yang dapat berperan untuk membantu membangkitkan UMKM Indonesia :
- Akademisi
Kalangan akademisi memiliki potensi untuk membantu mengembangkan UMKM. Bantuan tidak harus selalu dalam bentuk fisik yang dapat dinikmati UMKM, namun juga pengetahuan atau pelatihan guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM. Kalangan akademisi dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kelas UMKM melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian.
- Komunitas
Keberadaan komunitas memungkinkan untuk berjejaring antar pelaku UMKM sehingga berdampak pada bisnis yang dijalankan akan semakin meluas. Terlebih apabila lintas sub sector yang menjadi tempat strategis bagi pelaku UMKM. Tidak hanya berjejaring, komunitas juga dapat berfungsi sebagai alat memasarkan produk dan jasa UMKM melalui kegiatan atau event yang diadakan oleh komunitas. Melalui komunitas, peluang-peluang kolaborasi dapat terus diupayakan.
- Pemerintah
Pemerintah bertindak sebagai koordinator dalam menyusun kebijakan juga sebagai penggerak bagi actor lain yang terkait dengan upaya pengembangan UMKM. Pemerintah bisa menciptakan UU atau SK terkait roadmap pengembangan UMKM sub sebktor unggulan dan sub sektor prioritas bagi setiap wilayah di Indonesia agar bisa menjadi landasan legal dalam menyusun roadmap nya.
- Pelaku UMKM
Para pelaku UMKM bisa menciptakan forum yang digunakan sebagai alat komunikasi antar pelaku UMKM dan juga investor. Para pelaku UMKM ini jugadapat berkumpul dan berjejaring di co-working space. Co- working space ini ditujukan untuk para pelaku UMKM agar berkolaborasi lintas sector dan bisa mengadakan berbagai acara atau event kreatif.
- Media
Media memainkan peran penting dalam menghubungkan semua aktor utama dengan pasar industry baik yang berskala nasional maupun berskala global. Media juga bisa sebagai alat promosi bisnis yang dapat mempermudah para pelaku UMKM.